Selasa, 17 Februari 2009

STRATEGI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK




TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

HAKIKAT


INFORMASI


l Hasil Dari Pengolahan Data
l Memberikan Makna
l Berguna Dan Bermanfaat













CIRI-CIRI INFORMASI
l Akurat : Keadaan Sebenar-Nya
l Tepat Waktu : Tersedia Pada Saat Informasi Diperlukan
l Relevan : Harus Sesuai Dengan Yang Dibutuhkan
l Lengkap : Informasi Harus Diberikan Secara Lengkap


HUBUNGAN DATA-INFORMASI
Data
Proses
Informasi











KOMPONEN INFORMASI
l Absolute
l Substitutional
l Philosophic
l Subjective
l Objective
l Cultural


TIGA TAHAP PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
l Kecerdasan
Mendapatkan Pengetahuan Tentang Apa Yang Terjadi Disekitarnya
l Perancangan
Data Relevan Dan Dapat Diakses Tersedia Untuk Dianalisis
l Pemilihan


TEKNOLOGI INFORMASISerangkaian Tahapan Penanganan Informasi
l Penciptaan Informasi
Identifikasi, Menggali Sumber Informasi Yang Tepat
☻Pemeliharaan Saluran Informasi
☻Seleksi Dan Transmisi Informasi
Pentingnya Kemampuan Memilih Dan Menggunakan Sarana Transmisi Informasi Yang Tepat
l PENERIMAAN INFORMASI SECARA SELEKTIF
(A) Informasi Relevan
(B) Biaya Transmisi Dapat Ditekan
(C) Pengguna Tidak Memikul Beban
Pemeliharaan Yang Tidak
Diperlukan
l Penyimpanan Informasi
Penghematan Biaya Penyimpanan
l Penggunaan Informasi
l Penilaian Kritis Dan Sistem Umpan Balik
Sistem Mempunyai Nilai Aplikatif Tinggi ( Konstribusi Nyata Dalam Memperlancar Kegiatan Manajemen Organisasi

HAKIKAT KOMUNIKASI
l Encode (Penyandi)
Komunikator Yang Mempunyai Informasi Atau Pesan Tertentu.
Sandi/Kode ® (Bahasa Tulisan/Lisan)
(Lambang Visual/ Verbal)
l Sign Atau Signal (Tanda/Lambang)
Pesan Tertentu Ditujukan Kepada Dan Diterima Oleh Seseorang/Kelom-Pok Orang Penerima.
Gerak Tangan, Mimik, Kata Lisan, Tulisan, Gambar, Foto, Grafik, Peta, Diagram


HAKIKAT TEKNOLOGI KOMUNIKASI
l Peralatan Perangkat Keras Dalam Sebuah Struktur Organisasi Yang Mengandung Nilai-Nilai Sosial.
l Memungkinkan Individu Mengumpul-Kan, Mengolah, Saling Bertukar Informasi Dengan Individu Lain.
l Pengolah Dan Penyimpan Informasi



































































































INTERNET

Internet, Singkatan Dari Interconection And Networking, Adalah Jaringan Informasi Global, Yaitu “ The Largest Global Network Of Computers, That Enables People Throughout The World To Connect With Each Other¨.
Internet Diluncurkan Pertama Kali Oleh J.C.R. Licklider Dari Mit (Massachusetts Institute Technology) Pada Bulan Agustus 1962.


PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Mengkondisikan Siswa Untuk Belajar Secara Mandiri. “Through Independent Study, Students Become Doers, As Well As Thinkers” (Cobine, 1997).
Para Siswa Dapat Mengakses Secara Online Dari Berbagai Perpustakaan, Museum, Database, Dan Mendapatkan Sumber Primer Tentang Berbagai Peristiwa Sejarah, Biografi, Rekaman, Laporan, Data Statistik (Gordin Et. Al., 1995).
Informasi Yang Diberikan Server-Computers Itu Dapat Berasal Dari Commercial Businesses (.Com), Goverment Services (.Gov), Nonprofit Organizations (.Org), Educational Institutions (.Edu), Atau Artistic And Cultural Groups (.Arts).

Informasi Yang Diberikan Server-Computers Itu Dapat Berasal Dari Commercial Businesses (.Com), Goverment Services (.Gov), Nonprofit Organizations (.Org), Educational Institutions (.Edu), Atau Artistic And Cultural Groups (.Arts).
Siswa Dapat Berperan Sebagai Seorang Peneliti,
Menjadi Seorang Analis, Tidak Hanya Konsumen Informasi Saja.
Mereka Menganalisis Informasi Yang Relevan Dengan Pembelajaran Dan Melakukan Pencarian Yang Sesuai Dengan Kehidupan Nyatanya (Real Life) Siswa Dan Guru Tidak Perlu Hadir Secara Fisik Di Kelas (Classroom Meeting), Karena Siswa Dapat Mempelajari Bahan Ajar Dan Mengerjakan Tugas-Tugas Pembelajaran Serta Ujian Dengan Cara Mengakses Jaringan Komputer Yang Telah Ditetapkan Secara Online.
Siswa Juga Dapat Belajar Bekerjasama (Collaborative) Satu Sama Lain.
Mereka Dapat Saling Berkirim E-Mail (Electronic Mail) Untuk Mendiskusikan Bahan Ajar.
Selain Mengerjakan Tugas-Tugas Pembelajaran Dan Menjawab Pertanyaan-Pertanyaan Yang Diberikan Guru, Siswa Dapat Berkomunikasi Dengan Teman Sekelasnya(Classmates
Memungkinkan Pihak Berkepentingan (Orang Tua Siswa Maupun Guru) Dapat Turut Serta Menyukseskan Proses Pembelajaran, Dengan Cara Mengecek Tugas-Tugas Yang Dikerjakan Siswa Secara On-Line.

PEMBELAJARAN MELALUI INTERNET DI SEKOLAH DAPAT DIBERIKAN DALAM BEBERAPA FORMAT (WULF, 1996), DI ANTARANYA ADALAH:

1) Electronic Mail (Delivery Of Course Materials, Sending In Assignments, Getting And Giving Feedback, Using A Course Listserv., I.E., Electronic Discussion Group.
2) Bulletin Boards/Newsgroups For Discussion Of Special Group
3) Downloading Of Course Materials Or Tutorials
4) Interactive Tutorials On The Web
5) Real Time, Interactive Conferencing Using MOO (Multiuser Object Oriented) Systems Or Internet Relay Chat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar